Uncategorized

FUNGSI, KEGUNAAN SERTA ALAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK PEMETAAN

kursus gis

Di zaman yang serba modern ini tentunya untuk melakukan pengamatan suatu wilayah yang luas seperti lapangan, hutan, sawah, ladang dan lain – lain tentunya akan memakan waktu yang sangat lama. Dan tentunya untuk pekerjaan pemetaan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Proses pemetaan ini harus dilakukan oleh tenaga yang sudah ahli dan berpengalaman di bidang tersebut. Karena hal itu, sekarang sudah banyak perusahaan yang mulai menawarkan layanan jasa konsultan pemetaan. Tentunya layanan ini akan sangat membantu banyak orang yang membutuhkan jasa tersebut. Bagi anda yang masih bingung dengan apa itu pemetaan dan jasa konsultan pemetaan. Kami akan memberikan anda penjelasannya untuk anda. 

Baca juga : konveksi kaos distro surabaya

Penjelasan Tentang Pemetaan

Secara umum pemetaan merupakan suatu proses atau kegiatan untuk dokumentasi atau perekaman suatu data dalam bentuk grafik. Pemetaan juga bisa dibilang sebagai proses penggambaran keadaan suatu wilayah di muka bumi yang berupa fakta dan dunia nyata secara spesifik dan detail. Secara umum tujuan dari pemetaan sendiri adalah untuk:

  • Menentukan posisi wilayah yang berbeda di atas permukaan bumi
  • Menentukan ketinggian atau elevasi pada suatu bidang atau wilayah
  • Menentukan bentuk relief tanah pada permukaan tanah tersebut.
  • Menentukan panjang, arah atau sudut serta koordinat permukaan bumi
  • Menghitung luas dan perbatasan pada suatu area tertentu.

Saat ini juga sudah dikenal pemetaan digital yang mengkompilasi data – data tersebut dalam bentuk digital. Fungsi utama pemetaan digital ini adalah untuk menghasilkan suatu peta digital yang akurat untuk daerah atau wilayah tertentu. 

Alat – Alat Yang Digunakan Untuk Proses Pemetaan

Untuk melakukan survey pemetaan harus dibutuhkan banyak komponen – komponen dan hal yang harus dipersiapkan. Hal ini harus dipersiapkan dengan matang dan teliti agar proses pemetaan dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya. Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan dengan matang adalah alat – alat untuk proses pemetaan itu sendiri. Nah berikut adalah alat – alat yang harus dipersiapkan dan dibawa saat proses pemetaan:

  • Peta Lokasi/Wilayah

Peta merupakan hal yang sangat penting untuk dibawa saat proses pemetaan. Peta membantu kita untuk mengetahui dengan jelas tentang lokasi pemetaan kita ada di wilayah mana.

  • Global Position System (GPS)

GPS ini juga sangat penting karena digunakan untuk dapat mengetahui secara jelas lokasi titik pengukuran acuan atau BM(Bench Mark). Dengan mengetahui BM dengan benar maka akan memudahkan kita untuk melakukan pengukuran yang lainnya. 

  • Pita Ukur

Pita ukur atau meteran ini berfungsi untuk digunakan pada proses pengukuran pada bidang yang tinggi. Sehingga dapat memudahkan kita untuk melakukan pengukuran pada wilayah pegunungan atau semacamnya.

  • Alat Ukur Topografi

Banyak jenis alat ukur topografi yang tersedia, yaitu waterpass, theodolite, kompas survey dan total station. Alat ini dibedakan menurut tingkat ketelitian dan keakuratannya. Metode yang digunakan untuk setiap alat pun berbeda – beda. Sehingga orang yang akan menggunakan alat ini harus paham betul tentang karakteristik alat – alat tersebut. 

  • Bak Ukur
  • Bak ukur ini berfungsi untuk media untuk meletakkan alat ukur topografi tadi. Karena alat ukur topografi waterpass, theodolite dan kompas survey belum memiliki teknologi laser, maka dibutuhkan bak ukur ini untuk melakukan pembacaan angka dari proses pembidikan. 

Similar Posts