Uncategorized

TIPS MENJAGA VOKAL ATAU SUARA TETAP BERKUALITAS 

TIPS MENJAGA VOKAL ATAU SUARA TETAP BERKUALITAS 

Sekarang ini memiliki profesi sebagai penyanyi tentu bukanlah hal yang asing lagi. Seseorang yang memiliki bidang pekerjaan dengan mengandalkan suara mereka, tentu mereka tetap melakukan perawatan juga. Tidak hanya penyanyi, banyak sekali bidang pekerjaan yang membutuhkan suara yang enak didengar. Misalnya seperti pembawa acara, penyiar radio, pengisi suara, dan masih banyak lagi. Tentu mereka harus menjaga dan merawat kualitas suara yang mereka miliki untuk dapat beraktivitas atau bekerja dengan lancar. Kegiatan seperti ini juga dapat menjadi media yang mengekspresikan perasaan atau sesuatu yang terjadi. Sehingga harus benar-benar dilakukan dengan baik agar pesan dapat tersampaikan pada setiap pendengar dengan baik. Dimana dengan suara pula, dapat mencerminkan emosi ataupun personalitas seseorang. 

Kiat-Kiat Penting Untuk Menjaga Kualitas Vokal Yang Maksimal

Profesi seseorang dengan mengandalkan suara ini tidaklah mudah. Dimana biasanya orang yang tidak berada di bidang itu biasanya menganggap enteng pekerjaan ini. Yang mengandalkan suara merdu yang mereka miliki. Padahal seseorang yang memiliki suara yang merdu dan enak didengar harus tetap menjaganya dengan ketat. Dimana mereka harus melakukan dan menghindari baik itu makanan, minuman , atau kegiatan tertentu. Pastinya hal itu tidaklah mudah. Nah, apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kualitas suara tetap maksimal?. Berikut ini diantaranya :

  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Tips pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga dan mendapatkan kualitas vokal adalah kita dapat memenuhi cairan tubuh dengan baik. Dimana air akan menjadi suara kita ketika bergetar dengan tetap fleksibel dan lentur. Kita harus minum air yang cukup setiap hari dengan makanan yang banyak air. Misalnya buah pir, semangka, melon, dll. Bah, begitupun sebaliknya kita harus menghindari beberapa jenis minuman. Yaitu minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Karena dapat membuat tenggorokan serak dan kualitas vokal menjadi terganggu.

  • Menghindari makanan berminyak

Pasti kita juga telah mengetahui orang-orang yang bekerja dengan aset suara atau vokal pasti akan menghindari makanan berminyak atau gorengan. Dimana minyak ini akan mengganggu kinerja beberapa anggota tubuh seperti tenggorokan. Selain itu kandungan minyak juga memiliki pengaruh yang kurang baik untuk tubuh. Misalnya bisa menyebabkan panas dalam, sariawan, dan tenggorokan terasa serak. Sehingga ketika bernyanyi atau bersuara menjadi tidak maksimal. 

  • Beristirahat atau mengurangi bersuara

Ketika memiliki pekerjaan dengan bersuara kita harus mengistirahatkan suara atau tidak banyak berbicara pada waktu-waktu tertentu. Dimana hal ini untuk meminimalisir dampak buruk pada pita suara. Selain itu juga, untuk mendapatkan kualitas suara terbaik ketika tiba waktunya bekerja.

  • Cukup tidur

Menjaga waktu tidur yang cukup juga akan sangat berpengaruh untuk kita mendapatkan kualitas suara yang bagus. Ketika kekurangan waktu tidur akan berpengaruh pada suara yang menjadi serak. Sehingga sebagai orang yang berprofesi misalnya sebagai penyanyi harus beristirahat dengan cukup. 

  • Menghindari rokok

Seseorang harus menghindari rokok jika ingin memiliki kualitas vokal yang baik. Dimana asap yang dihasilkan rokok dapat menyebabkan teriritasinya pita suara. Dimana seseorang dengan bidang pekerjaan seperti ini harus menomorsatukan kesehatan pita suara mereka. Selain itu juga, merokok juga dapat menyebabkan resiko seperti penyakit kanker. 

  • Menjaga otot leher yang rileks

Menjaga otot leher agar tetap rileks dapat dilakukan baik ketika sedang bersuara dengan nada tinggi ataupun rendah. Misalnya saja seorang penyanyi. Mereka akan mengangkat kepala ketika menyanyikan nada yang tinggi. Begitupun sebaliknya, akan menunduk ketika menyanyikan nada yang rendah. Hal itu dilakukan agar otot-otot leher tetap rileks.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *